Citra Telematika

PKL SMK

Mengoptimalkan Program Kerja Lapangan (PKL) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

PKL SMK. Program Kerja Lapangan (PKL) adalah bagian penting dari kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia. PKL memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman praktis di dunia kerja sebelum mereka lulus. Selain itu, PKL juga merupakan langkah awal untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang siap berkontribusi di dunia industri. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai pentingnya PKL di SMK dan bagaimana kita dapat mengoptimalkan program ini.

Pentingnya Program Kerja Lapangan di SMK

  1. Pengalaman Praktis: PKL memberikan siswa kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang mereka pelajari di kelas ke dalam situasi nyata di tempat kerja. Siswa akan terbantu memahami pelaksanaan teori dan praktek yang di dapat dari sekolah.
  2. Pemahaman Industri: PKL juga membantu siswa memahami berbagai industri dan sektor pekerjaan. Mereka dapat melihat langsung bagaimana proses kerja di berbagai bidang, yang dapat membantu mereka membuat keputusan karier yang lebih baik.
  3. Keterampilan Interpersonal: Selama PKL, siswa belajar berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, dan pelanggan. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan interpersonal yang sangat penting di dunia kerja.

Cara Mengoptimalkan Program Kerja Lapangan di SMK

  1. Kerjasama dengan Industri: Sekolah harus bekerja sama dengan perusahaan dan industri setempat untuk menawarkan tempat PKL yang berkualitas. Kerjasama ini dapat membantu siswa mendapatkan pengalaman praktis yang relevan dengan bidang yang mereka minati.
  2. Pengawasan yang Baik: Siswa selama PKL harus memiliki pengawasan yang baik dari para profesional di tempat kerja. Ini akan memastikan bahwa mereka belajar dengan benar dan aman.
  3. Pemantauan dan Evaluasi: Sekolah harus melakukan pemantauan dan evaluasi secara teratur terhadap siswa selama PKL. Ini dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa, serta memberikan umpan balik untuk perbaikan.
  4. Pelatihan Persiapan: Sebelum memulai PKL, siswa harus menerima pelatihan persiapan yang mempersiapkan mereka untuk lingkungan kerja. Ini termasuk etika kerja, keterampilan komunikasi, dan keterampilan teknis yang relevan.
  5. Peluang Pengembangan Karier: Setelah PKL selesai, SMK dapat memberikan informasi kepada siswa mengenai peluang karier di berbagai bidang. Ini dapat membantu mereka merencanakan langkah selanjutnya setelah lulus.

Kesimpulan

Program Kerja Lapangan di SMK adalah bagian penting dari pendidikan siswa. Siswa akan mendapatkan pengalaman praktis dan pengalaman di dunia industri. Siswa mengembangkan kemampuan atau keterampilan di dunia kerja. Dengan mengoptimalkan program ini melalui kerjasama dengan industri, pengawasan yang baik, dan persiapan yang tepat, kita dapat memastikan bahwa siswa SMK siap untuk sukses dalam karier mereka di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memahami pentingnya PKL di SMK.

Story PKL SMK Yabujah Segeran Indramayu

PKL SMK Yabujah Segeran Indramayu. PKL (Program Kerja Lapangan) adalah sebuah Program Pendidikan dari Sekolah Menengah Kejuruan. Adapun pelaksanaannya selama 3-4 bulan melakukan Praktek Kerja Lapangan guna menimba ilmu di dalam dunia Industri/perusahaan.

SMK Yabujah Segeran Indramayu adalah SMK Yayasan Ibu Siti Chodijah beralamat di Segeran Kidul, Juntinyuat, Indramayu Regency, West Java 45282. Terdapat beberapa Jurusan di SMK Yabujah ini. Terdiri dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer dan Jaringan, Keperawatan dan Farmasi. Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan akan PKL saat di tahun ke-2. Pihak sekolah akan menyebarkan siswanya ke seluruh wilayah kemitraan yang bekerjasama dengan sekolah. Siswa yang menentukan pilihan tempat untuk PKL.

LKP Citra Telematika adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan yang beralamat di Jl.Cirebon-Bandung Depan Pom Bensin Ciborelang Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka yang berdiri sejak tahun 2008. Selain dari Program Kursus, Citra Telematika juga menerima Program PKL/Magang dari SMK atau Universitas seluruh Indonesia. SMK Yabujah Segeran Indramayu mengirimkan siswanya di LKP Citra Telematika selama 3 bulan. Dimulai pada Bulan September 2022- November 2022 yang berjumlah 4 Siswi dari SMK Yabujah Segeran Indramayu dengan Program Jurusan TKJ (Teknik,Komputer dan Jaringan).

Lanjut

Empat Siswi tersebut sudah mendapatkan pelatihan dibidang TKJ ataupun bidang lainnya yang mumpuni di Citra Telematika. Karena tujuan dari Citra Telematika adalah memberikan ilmu dan pengalaman kepada generasi muda agar bisa berguna dikemudian hari. Ilmu yang diberikan dari mulai dasar/basic sampai mahir.

Pada hari kemarin Tanggal 30 November tiba saatnya mereka Siswi dan Guru Pembimbing dari SMK Yabujah Segeran Indramayu berpamitan dengan owner dan tutor Citra Telematika. Semoga para Siswi-siswi tersebut dapat menggunakan ilmunya dengan baik dan bermanfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain dikemudian hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − 4 =

× Hubungi Kami